Menganalisis strategi promosi produk usaha kerajinan

Menganalisis strategi promosi produk usaha kerajinan

Pengertian Promosi
Apa itu promosi? Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau memperkenalkan produk/ jasa  dengan tujuan menarik konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan adanya kenaikannya angka penjualan.

Tujuan Promosi
- Untuk menyebarkan informasi produk atau jasa perusahaan kepada pasar.
- Untuk memperoleh konsumen baru dan menjaga kesetiaan dari konsumen. Jadi konsumen tetap setia untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa perusahaan.
- Untuk meningkatkan penjualan sehingga pendapatan perusahaan meningkat.
- Untuk memberi pembeda dan mengunggulkan produk perusahaan dibanding dengan produk para pesaing.
- Dan untuk membentuk citra produk ataupun jasa dan nama perusahaan dimata para konsumen.

Tahapan dalam Promosi produk
1. Mengenal Konsumen
Artinya dalam melakukan promosi produk usaha kerajinan, peodusen harus dapat mengetahui/mengenal konsumen sebagai target penjualan. Mengenal konsumen contohnya dapat dilihat berdasarkan usia, berdasarkan jenis kelamin, dan sebagainya.

2. Strategi Promosi
Ialah kegiatan yang direncanakan dengan maksud membujuk, merangsang konsumen agar mau membeli produk perusahaan sehingga tujuan untuk meningkatkan penjualan yang  diharapkan dapat tercapai.
Adapun strategi promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:
- Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan
- Memilih tempat usaha yang strategis
- Memperkuat nama produk/brand
- Mengenal pesaing/kompetitor
- Rajin berpromosi

3. Rencana Promosi
Ialah sebuah rencana yang berisi strategi rinci untuk memperluas bisnis atau memasarkan produk tertentu. Untuk dapat membuat ini, anda harus memasukan beberapa faktor sebagai pertimbangan, misalnya berapa batas anggaran dana anda, penjualan masa lalu dan hasil yang ingin kalian dapatkan.
Adapun contoh kegiatan untuk rencana promosi seperti:
- Membuat kemasan
- Membuat diskon
- Membuat bonus
- Mengadakan kuis/ event

4. Media Promosi
Ialah perantara yang digunakan untuk memperkenalkan produk dan membantu promosi produk kita,adapun contohnya seperti:
- Media sosial
- Brosur
- Spanduk
- Koran,iklan
- Majalah
- Baliho
- Plank
- Poster
- Kartu nama

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai strategi dalam promosi produk usaha kerajinan.
Kesimpulannya adalah penjelasan diatas adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan apabila ingin mempromosikan/memeperkenalkan produk kita kepada konsumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisis Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

Analisis SWOT

Seni Ukir Logam (emboss)